Kamis, 10 Desember 2015

Keunggulan Online

Kelebihan dan Kekurangan Belanja Online yang Harus Anda Tahu

18.42 wiyoko kekurangan belanja online, kelebihan belanja online, tips belanja online

Semakin maraknya e-commerce menandakan bahwa semakin banyaknya orang yang lebih tertarik berbelanja online daripada harus pergi ke mall.

Banyak sekali toko online yang menyediakan produk-produk yang super lengkap, dan berlomba-lomba memarketingkan produknya dengan harapan mendapatkan konsumen atau pelanggan online.

Dengan sedikit preview mengenai diatas, berarti menandakan jika jual beli online menjadi trend di berbagai dunia.

Mengapa sebagian orang lebih memilih berbelanja online daripada harus datang langsung ke toko offline? salah satu hal yang mendasar tentu saja karena adanya teknologi.

Teknologi menjadi partner dan alat bantu yang jitu untuk menjangkau apa yang kita inginkan dan kita butuhkan, terutama dalam hal berbelanja. Hampir setiap orang memiliki gadget atau laptop yang terkoneksi internet, dan hampir setiap hari masing-masing orang pasti up to date memantau produk apa yang terbaru saat ini.

Sebelum membahas lebih jauh mengenai trend belanja online, ada baiknya jika kita tahu lebih dahulu mengenai kelebihan dan kekurangan berbelanja online? Yuk lanjutkan membaca:

Kelebihan Berbelanja Online
Jika Anda pernah berbelanja online, pasti tahu apa kelebihan yang paling Anda rasakan saat berbelanja? yaitu KEMUDAHAN!! bagaimana belanja online tidak mudah? toh hanya melalui media gadget atau laptop saja kita bisa pesan produk yang kita inginkan.

Selain kemudahan yang dirasakan, adanya hemat waktu dan hemat tenaga. Bayangkan saja jika berbelanja di mall, selain harus melawan antrian, atau hawa yang panas dingin,belum lagi harus isi bensin, dan macam-macam hal yang pastinya akan merugikan kita. Oleh karena itulah, belanja online lebih banyak digemari terutama oleh remaja dan ibu rumah tangga.

Apa ada hal lain selain mendapatkan kemudahan dan kehematan??

Tentu saja harga produk online jauh lebih murah daripada kita beli di toko langsung, mengapa dikatakan murah? hehehe, jawabannya simpel, adanya persaingan harga antara penjual online. Jika kita bisa menjadi konsumen yang cerdas >>BACA INI << tentu saja kita akan lebih cerdas memilih online shop yang lebih murah namun berkualitas.

Nah, sekarang saatnya mengimbangi kelebihan belanja online dengan melihat secara obyektif tentang kekurangannya.


Ciri-Ciri Toko atau Penjual Online yang Tidak Jujur >> KLIK DISINI


Kekurangan Berbelanja Online
Walaupun kita mendapatkan kemudahan, hemat waktu, hemat tenaga, dan bahkan mendapatkan harga yang paling murah pun pasti yang berpengalaman belanja online akan mendapati hal-hal berikut ini:

pertama, rasa was-was: Rasa was-was alias khawatir pasti dirasakan bagi pembeli yang sudah transfer harga produk yang ia beli, khawatir terjadi jika penjual sangat sulit sekali membalas komunikasi. Karena ada beberapa penjual yang hanya banyak omong disaat menawarkan produk namun bungkam setelah transfer dengan berbagai alasan.

Jika Anda menemukan penjual yang low respon setelah Anda membeli produk tersebut, tidak bisa di ulangi lagi membeli di tempat ini. Low respon yang dimaksud disini adalah penjual yang hanya gembor disaat menawarkan, tetapi diam setelah pembeli deal membeli. Bukan begitu?

kedua, pengiriman telat dan lambat. Sebenarnya kekurangan yang kedua ini juga sebagai rasa khawatir. Bagaimana tidak khawatir, sudah bayar tetapi barang tak kunjung datang, apalagi jika barang tak datang sesuai yang dijanjikan. Tambah kacau pikiran ini. yang perlu di garis bawahi, tidak semua keterlambatan adalah kesalahan penjual, bisa jadi kesalahan expedisi [jasa pengiriman barang].

ketiga, barang rusak atau tidak sesuai. Tentu saja kekurangan belanja online adalah cacatnya barang dan ketidak-sesuain barang. Cacat barang berarti barang tersebut rusak, atau tidak layak untuk digunakan, sebenarnya cacatnya barang tidak semua kesalahan penjual, seperti hal nya pada pengiriman barang, cacat juga bisa jadi kesalahan expedisi atau kurir pengiriman barang.

Sedangkan barang tidak sesuai ialah barang tidak sesuai apa yang dijelaskan di toko online nya atau bisa jadi fisik barang tidak sesuai pada foto. Ya jelas sekali lah, tidak semua yang terlihat di foto itu bagus, so jadilah konsumen yang cerdas.

keempat, rawan penipuan. Banyak sekali penjual online yang hanya mementingkan dirinya daripada kepuasan konsumen, padahal kepuasan konsumen dalah kebahagiaan penjual kan? tapi tidak semuanya begitu, karena masih ada penjual yang tidak jujur bahkan memang niatnya untuk menajring korban sebanyak-banyak nya.


kelima, menjadikan rekening kering. Kemudahan belanja online akan memanjakan Anda dalam memilih produk-produk yang menggiurkan, terutama wanita, pasti tidak akan tahan dengan godaan diskonisasi seperti yang saya sampaikan di artikel sebelumnya. Dengan tidak bisa menahan diri, pasti sudah, semua barang yang tak penting justru ikut terbeli, yang ada penyelesan di akhir saat kantong sudah kering. hehehe, sekali lagi saya tekankan untuk menjadi konsumen yang cerdas.

Demikian lah mengenai kelebihan dan kekurangan belanja online? kesimpulan nya adalah walau berbelanja online memberikan banyak kemudahan,

Tetaplah untuk berhati-hati, carilah toko online yang benar-benar menjaga kredibilitasnya, kejujurannya dan pelayanannya, pastikan juga jika Anda bisa memanage atau mengatur keuangan Anda, jika tidak, habislah sudah. :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar